APAKAH ALLAH TIDAK BISA DILIHAT OLEH MANUSIA?

APAKAH ALLAH TIDAK BISA DILIHAT OLEH MANUSIA?
Oleh: Duscik Ce’olah

Mungkin ada diantara kita yang pernah bertanya, Apakah Allah bisa dilihat oleh Manusia? Untuk membantu anda menjawab pertanyaan tersebut diatas, baca catatan berikut yang kami sadur dari Kolom Soal-Jawab di Majalah Al-Furqon Edisi 11 tahun ketujuh/Jumadil Tsani 1429 (Juni-Juli ’08) yang diasuh oleh Ustadz Abu Ibrohim Muhammad Ali.
Perkataan bahwa Allah tidak dapat dilihat, baik didunia maupun diakhirat dengan dalil firman Allah kepada nabi Musa yang ingin melihat Allah. Maka Allah menjawab “ Engkau tidak akan dapat melihat-Ku.”, merupakan perkataan yang menyelisihi aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Aqidah yang benar dalam masalah ini adalah kamum muslimin akan dapat melihat Allah diakhirat, sebagaimana firman-Nya;
Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Rabb-nyalah mereka melihat (QS. Al-Qiyamah (75): 22-23)
Allah berfirman:
Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal didalamnya. (QS. Yunus (10):26)
Yang dimaksud dengan tambahannya ialah kenikmatan melihat Allah sebagaimana ditafsirkan oleh nabi dalam riwayat Muslim dan selainnya bahwa tambahan tersebut adalah kenikmatan melihat Allah.
Adapun firman Allah kepada nabi Musa sebagaimana diungkapkan diatas, berkaitan dengan tidak mungkinnya melihat Allah didunia, sedangkan di akhirat banyak sekali dalil-dalil yang menerangkan bahwa kaum muslimin akan melihat Rabbnya diakhirat nanti.

Referensi:
Majalah Al-Furqon Edisi 11 tahun ketujuh/Jumadil Tsani 1429 (Juni-Juli ’08)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: