NADZAR DAN KEBAKHILAN

NADZAR DAN KEBAKHILAN
Oleh : Duscik

Dalam kolom Soal-Jawab di Majalah Al-Furqon Edisi 11 tahun ketujuh/Jumadil Tsani 1429 (Juni-Juli ’08) yang diasuh oleh Ustadz Abu Ibrohim Muhammad Ali, sebuah pertanyaan mengenai hadits Shohih Muslim “Sesungguhnya nadzar tidak datang membawa kebaikan dan hanya keluar dari orang-orang bakhil.” Misalnya seseorang bernadzar kalau sakit orang tuanya sembuh, maka dia akan sedekah Rp.100 ribu. Apakah hal tersebut dianggap bakhil?

Pertanyaan tersebut diatas, oleh pengasuh kolom dimaksud dijawab sebagai berikut:

Bernadzar (memulai nadzar) hukumnya diperselisihkan oleh para ulama, sebagian ulama mengatakan haram berdasarkan dhoir larangan nabi, dan karenanya nabi menyifati orang yang bernadzar dengan sifat bakhil (HR. Bukhori 6608, dan Muslim 4/11/97). Tetapi mayoritas para ulama mengatakaN makruh, dan pendapat inilah yang lebih kuat Insya Allah, hal ini lantaran Allah memuji orang-orang yang memenuhi nadzarnya (QS. Al-Insan (76):7). Seandainya haram, maka Allah tidak akan memuji dan tidak akan untuk memerintahkan untuk menjalankan nadzarnya.

Adapun sifat bakhil, maka belum tentu hukumnya haram, karena suatu ketika seseorang bakhil terhadap perkara yang wajib seperti zakat, maka hukumnya haram, dan suatu saat bakhil terhadap perkara yang sunnah, maka hukumnya makruh(3). Adapun perkataan yang ditanyakan, maka termasuk dalam larangan yang hukumnya makruh dan termasuk dalam kategori bakhil dalam hadits tersebut.

Akan tetapi apabila terlanjur bernadzar, maka wajib baginya menempati nadzarnya apabila berupa ketaatan kepada Allah, sebagaimana sabda Rasulullah;
“Barang siapa yang bernadzar berupa ketaatan kepada Allah, maka hendaklah ia memenuhinya” (HR. Bukhori 6318).
————————————————————-
(3) Lihat Taisir al-Allam oleh Al-Bassam 3/946-947.

Referensi:
Majalah Al-Furqon Edisi 11 tahun ketujuh/Jumadil Tsani 1429 (Juni-Juli ’08)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: